SABAR

Learn By Trying and Documenting Sounds Like a Good Idea

Google App Engine: Cara Mudah Membangun dan Menyebarkan Aplikasi Web di Google Cloud

Published on

Halo, selamat datang di blog saya. Kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya menggunakan Google App Engine, sebuah platform yang memungkinkan kita untuk membangun dan menyebarkan aplikasi web di Google Cloud dengan mudah dan cepat. Google App Engine adalah salah satu produk dari Google Cloud Platform, yang merupakan kumpulan layanan cloud computing yang ditawarkan oleh Google. Dengan Google Cloud Platform, kita bisa mengakses berbagai infrastruktur, platform, dan perangkat lunak yang dibutuhkan untuk mengembangkan, menjalankan, dan mengelola aplikasi web secara skalabel dan aman.

Google App Engine sendiri adalah sebuah platform sebagai layanan (Platform as a Service atau PaaS) yang menyediakan lingkungan runtime, penyimpanan data, dan alat pengembangan untuk membuat aplikasi web yang bisa dijalankan di server Google. Keuntungan menggunakan Google App Engine adalah kita tidak perlu khawatir tentang hal-hal teknis seperti manajemen server, pemeliharaan, skalabilitas, keamanan, dan lain-lain. Kita hanya perlu fokus pada kode aplikasi kita dan biarkan Google App Engine yang mengurus sisanya.

Google App Engine mendukung berbagai bahasa pemrograman seperti Python, Java, Go, PHP, dan Node.js. Kita juga bisa memilih antara lingkungan standar atau fleksibel, tergantung pada kebutuhan dan preferensi kita. Lingkungan standar adalah lingkungan yang dioptimalkan untuk aplikasi yang membutuhkan latensi rendah dan biaya rendah, sedangkan lingkungan fleksibel adalah lingkungan yang lebih sesuai untuk aplikasi yang membutuhkan kustomisasi tinggi dan akses ke sumber daya komputasi yang lebih besar.

Untuk memulai menggunakan Google App Engine, kita perlu membuat akun Google Cloud Platform terlebih dahulu. Kita bisa mendapatkan kredit gratis sebesar $300 untuk mencoba layanan-layanan Google Cloud Platform selama 90 hari. Setelah itu, kita perlu menginstal Google Cloud SDK, sebuah paket perangkat lunak yang berisi alat-alat untuk berinteraksi dengan Google Cloud Platform melalui baris perintah atau antarmuka grafis. Dengan Google Cloud SDK, kita bisa membuat proyek, mengonfigurasi aplikasi, menguji secara lokal, dan menyebarkan ke Google App Engine.

Dalam postingan ini, saya tidak akan menjelaskan langkah-langkah detail untuk membuat dan menyebarkan aplikasi web di Google App Engine. Jika Anda tertarik untuk belajar lebih lanjut tentang hal itu, Anda bisa mengikuti tutorial resmi dari Google di sini: https://cloud.google.com/appengine/docs . Saya hanya ingin berbagi beberapa tips dan trik yang saya pelajari selama menggunakan Google App Engine sebagai platform pilihan saya untuk membuat aplikasi web.

Berikut adalah beberapa tips dan trik yang saya harap bisa bermanfaat bagi Anda:

  • Gunakan lingkungan standar jika Anda ingin membuat aplikasi web sederhana yang tidak membutuhkan banyak kustomisasi atau sumber daya komputasi
  • Lingkungan standar lebih murah dan lebih cepat daripada lingkungan fleksibel.
  • Gunakan lingkungan fleksibel jika Anda ingin membuat aplikasi web kompleks yang membutuhkan banyak kustomisasi atau sumber daya komputasi.
  • Lingkungan fleksibel lebih fleksibel dan lebih kuat daripada lingkungan standar.
  • Gunakan Firebase sebagai penyedia database jika Anda ingin membuat aplikasi web dinamis yang membutuhkan penyimpanan data realtime.

Cloud Run adalah layanan kontainer sebagai layanan (Container as a Service atau CaaS) yang juga merupakan bagian dari Google Cloud Platform. Cloud Run memungkinkan kita untuk menjalankan kontainer yang bisa diskalakan secara otomatis berdasarkan permintaan.

Demikianlah beberapa tips dan trik yang saya ingin bagikan dengan Anda tentang Google App Engine. Saya harap postingan ini bisa memberikan Anda gambaran umum tentang apa itu Google App Engine dan bagaimana cara menggunakannya untuk membuat dan menyebarkan aplikasi web di Google Cloud. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.